Jumat, 18 September 2015

Menjadi Guru Tersayang, dengan Menguasai PCK

Menjadi guru adalah pilihan mulia. Betapa tidak, profesi yang dibutuhkan oleh manusia pertama adalah guru. Allah mengajarkan segala hal yang perlu diketahui oleh nabi Adam AS. Para nabi juga berprofesi sebagai guru,mengajarkan nilai keesaan Tuhan. Maka guru hari ini adalah penyambung tugas besar para nabi untuk mengajarkan keesaan Allah SWT. Dalam penetapan tujuan pembelajaran sains siswa di sekolah,point pertamanya adalah menumbuhkan rasa kekaguman terhadap ciptaan Tuhan. So, nilai Ketuhanan adalah nilai inti dari semua pembelajaran.

Tak punya sesuatu, tentu tak bisa memberi sesuatu. Demikian pula guru,
tak berilmu bahan ajar,tentulah tak ada pengetahuan yang bisa diajarkan. Maka sudah menjadi keharusan seorang guru menguasai bahan ajarnya secara sistematis dan detil. Hal ini sangat penting bagi guru sebagai sumber informasi. Kepercayaan siswa pun tumbuh seiring performa kemampuan kita menjawab rasa ingin tahunya. Pengusaan materi bahan ajar inilah yang disebut dengan Content Knowledge.

Penguasaan materi bahan ajar juga harus didukung oleh kecakapan guru untuk mengkondisikan kelas dan memahami kondisi siswa untuk siap memahami bahan ajar. Kemampuan memahami siswa, kondisi kelas, memahami timing yang tepat untuk memasukkan nilai pada jiwa anak, adalah kecakapan Pedagogical Knowledge.

Content Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang kemudian digabung menjadi Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan satu pengetahuan yang harus dikuasai guru untuk menciptakan kelas yang kondusif dan hasil belajar yang maksimal.

Betapa banyak orang pintar tapi tak cakap mentransfer pengetahuannya pada orang lain ataupun sebaliknya.

Tujuh komponen dan elemen-elemen spesifik pada PCK
Komponen
Elemen
Knowledge of science
Science content, scientific practice, the nature of science, scientific process
Knowledge of goals
Scientific literacy, real-life aplication, integrated understanding.
Knowledge of students
Different levels, needs, interests, prior knowledge, ability, learning difficulties,

misconceptions.
Knowledge of curriculum organisation
State and local standards, state and local standardise tests, making connections between lessons and units, organising lessons in specific order, making decisions about what to teach, flexible design.
Knowledge of teaching
Various teaching methods, use of motivating activities, ability to select effective activities.
Knowledge of assessment
Formal in formal ways of assessment, skills for students discusion and questioning, immediate feedback.
Knowledge of resources
Materials, activities, multimedia, local facilities, laboratory technology, science magazinnes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar